Pramuka Kuantan Singingi

Dunia dalam pramuka

Apa Yang Bisa Kita Lakukan

Hi Kakak-kakak dan Adik-adik semua, bagaimana kondisi kesehatanmu dan keluarga dirumah saat ini? tetap sehat dan berlatih mandiri dirumah oke..!

Sampai hari ini negara kita sedang berjuang melawan virus corona atau yang tren disebut covid-19, banyak berita berita yang menggambarkan betapa beratnya perjuangan garda terdepan kesehatan masyarakat saat ini, mulai dari tenaga medis sampai pihak pihak pemutus arah dan kebijakan negara Indonesia ini. mendengar kabar kekurangan Alat Perlindungan Diri bagi tenaga kesehatan yang menangani pengobatan bagi positif corona sungguh membuat kita sedih, mereka yang bersinggungan langsung dengan orang orang yang jelas positif tapi tak mempunyai peralatan perlindungan diri yang memadai bagi diri mereka sendiri. Kenapa hal ini bisa terjadi ya? beberapa kemungkinan yang menyebabkan kekurangan peralatan dilapangan :

  1. Stock yang ada memang terbatas dan sudah habis
  2. Adanya penimbunan barang barang tersebut oleh orang pribadi, kelompok tertentu yang tentunya akan dipergunakan untuk kepentingan pribadi mereka sendiri ( dijual dengan harga mahal dan lain sebagainya )
  3. Masyarakat Panic Buying ( membeli secara berlebihan ) , seperti sarung tangan, masker, hand sanitizer dan lain sebagainya.

Untuk poin pertama penulis selaku non produsen tentu tidak bisa berbicara banyak, tapi untuk poin ke 2 dan 3 sungguh sangat menyayangkan hal ini terjadi, adanya penimbunan peralatan untuk kepentingan pribadi dan kelompok disaat seperti ini sama saja dengan mengorbankan saudara sebangsa demi kepentingan sendiri kan ?

Bagi masyarakat yang membeli APD ( Alat Perlindungan Diri ) secara berlebihan harap dapat memikirkan asas kepentingan, apakah kita yang sudah dihimbau berdiam diri dirumah atau mereka yang saat ini berhadapan dengan orang orang yang terinfeksi yang membutuhkan,  kita yang dirumah cukup memastikan untuk menjaga keluarga agar tetap Stay At Home , menjaga kebersihan diri,  jangan berkunjung ketempat ramai, mengkonsumsi makanan sehat yang dapat menambah imun tubuh anggota keluarga dan membantu mengedukasi tetangga terdekat tentang virus Covid-19 sudah cukup membantu penyebaran virus ini. Alat Perlindungan Diri untuk saat ini dibutuhkan pihak rumah sakit guna penanganan orang orang yang jelas positif, jangan biarkan para ahli medis kita tertular virus hanya karena tidak meiliki APD yang memadai. sekali lagi masalah virus ini bukan masalah ahli ahli tertentu saja, ini masalah kita semua, masyarakat indonesia adalah masyarakat yang berbudaya gotong royong. Mereka Bekerja, Kita Mendukungnya.

Layanan donasi lawan corona

https://kitabisa.com/campaign/indonesialawancorona

https://donasi.dompetdhuafa.org/bersamalawancorona/

Sebagai Anggota Pramuka Apa Yang Bisa Kita Lakukan Ya….?

Jika Kakak atau Adik adik memiliki ide dan gagasan dalam membantu perjuangan melawan corona silahkan tulis di kolom komentar ya

%d blogger menyukai ini: